skip to Main Content
Asal Usul Madagaskar Yang Patut Anda Ketahui

Asal usul Madagaskar yang patut anda ketahui

Tahukah anda Madaskar berasal dari penghuni bagsa Asia sebelum daratan Afrika. Manusia pertama yang tinggal di Madagaskar berasal dari tanah Borneo, yang sekarang ditempati oleh negara Brunei, Indonesia, dan Malaysia. Mereka sampai di sana antara tahun 350 BCE dan 550 CE  dengan bersampan, dan tidak bergabung dengan Afrika sampai hampir 500 tahun. Selama itu, orang Afrika lain, Asia dan Eropahh berdatangan, yang masing-masing menyumbangkan keunikan terhadap budaya setempat. Fakta menarik mengenai Madagaskar adalah:

  1. Pulau Madagaskar dinamakan Madagasikar dalam bahasa Malagasy. Sebutan “Madagaskar” bukan berasal dari penyebutan lokal tetapi dipopularkan oleh orang Eropah pada abad pertengahan. Pada tahun-tahun kemudian penjelajah Portugis, Diogo Dias mendarat di pulau tersebut dan mengkristenkan Sao Loureno, tetapi nama ini lebih populer di peta Renaissance. Nama Madagaskar pertama disebut dalam memoar abad ke-15 oleh penjelajah Marco Polo dengan sebutan yang sedikit keliru, yaitu Mogadishu. Nama ini yang digunakan sekarang oleh penduduk lokal Malagaesy untuk menunjuk pada tempat/pulau ini.
  2. Pada tahun 1794, Raja Andrianampoinimerina berusaha menyatukan beragam suku di Madagaskar dan membentuk satu kerajaan. Masih-masing suku diberikan tanah untuk diolah agar menghasilkan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan melarang membakar hutan. Pada tahun 1817, putra raja Andrianampoinimerina, yaitu Raja Radama I, membentuk hubungan persahabatan dengan kekuatan Eropah dan mengundang misionaris Inggris ke pulanya. Dengan dipimpin oleh David Jones, para misionaris memperkenalkan alfabet Romawi dan agama Kristen kepada Radama. Sebelum dijajah oleh Perancis dari tahun 1895 sampai 1958, Madagaskar dipimpin oleh seorang perempuan, yaitu Ratu Ranavalona III, yaitu ratu terakhir dari kerajaan Madagaskar. Dia adalah kelanjutan dari Ratu Ranavalona I, yang memerintah dari tahun 1828 sampai 1861 dan berusaha mencegah negaranya dari pengaruh bangsa Eropah.
  3. Dengan dekrit atau keputusan dari ratu tertanggal 1825, maka dilarang mendirikan bangunan dari batu di Madagaskar. Satu-satunya bangunan batu di Madagaskar adalah istana kerajaan Ruva yang sekarang menjadi pemandangan bersejarah yang menarik di Antananarivo. Pada tahun 1958, Perancis memilih presiden baru, yaitu Charles De Gaulle, yang kemudiaan memberikan kemerdekaan kepada Madagaskar. Penduduk lokal menamai kembali negaranya dengan Republik Malagasy dan memilih presiden Philibert Tsiranana. Kemudian Tsiranana diganti pada tahun 1972 oleh Didier Ratsiraka.
  4.  Nama Madagaskar berubah-ubah dalam sejarahnya. Pada awal kemerdekaannya tahun 1958 namanya adalah Republik Malagasy. Kemudian dirubah menjadi Republik Demokratis Madagaskar pada tahun 1975, dan berubah lagi pada tahun 1993 menjadi Republik Madagaskar. Republik Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia (587.000 km), setelah Borneo, Greenland, dan New Guinea. Madagaskar juga dikenal dengan sebutan Pulau Merah (Red Island), karena sebagian besar tanahnya berwarna merah.
  5. Ibu kota Madagaskar adalah Antananarivo dan menjadi kota terpadat di Madagaskar. Bahasa Madagaskar adalah bahasa Perancis dan Malagasy. Hanya 11% jalan raya di Madagaskar yang sudah diaspal. Mata uang Madagaskar adalah Malagasy Ariary. Olahraga nasional Madagaskar adalah Rugby. Sepakbola populer kalangan penduduk Madagaskar.  Di Madagaskar ada monumen bersejarah, yaitu Royal Hill of Ambohimanga, yang menjadi salah satu dari situs warisan dunia oleh UNESCO. Situs ini terdiri dari kota kerajaan, necropolis, dan ensembel tempat-tempat suci.
  6. Danau Mematikan (Dead Lake) adalah danau Madagaskar yang menakjubkan. Terletak di dekat Antsirabe. Kedalamannya mencapai empat ratus meter. Temperatur airnya sekitar 15 derajat Celcius. Di danau ini tidak ada tanda tanda kehidupan, tidak ada ikan, dan tidak ada tumbuhan air. Danau ini mempunyai legenda yang jahat.
  7. Banyak binatang di Madagaskar hanya terdapat di sana dan tidak ada di tempat lain. Madagaskar merupakan daratan yang telah terisolasi selama hampir 70 juta tahun, yang pertama kali memisahkan dari Afrika sekitar 165 juta tahun yang lalu dan kemudian memisahkan dari India hampir 100 juta tahun kemudian. Daratan yang terpencil ini menyebabkan berkembangya flora dan fauna yang unik dan khas, yang 90% hanya terdapat di Madagaskar dan tidak ada di tempat lainnya di dunia, seperti burung raksasa yang tidak bisa terbang dan kuda nil kerdil. Binatang-binatang Madagaskar yang aneh dan mengerikan adalah tokek ekor tipis, ngengat komet (semacam kupu), bunglon panther, katak tomat, Madagaskar Pochard, Fossas, ular hidung daun Malagasy, dan laba-laba kulit Darwin.

Menarik bukan Madagaskar??? Tetapi amat berbeza bila anda menonton cerita Madagskar sendiri. Jadi admin tidak berapa sarankan anda kesana. Jika berminat juga anda boleh hubungi orang yang pernah ke sana.

Namun, jangan risau jika anda ingin ke tempat-tempat menarik boleh membuat tempahan segera dengan kami Muslimtravelbug. jika berminat boleh hubungi kami di -> klik di sini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.